Thursday, October 02, 2008

Lebaran tahun ini, untuk ke sekian kali nya aku habiskan di Solo. Tanah pusaka keluarga besar aku. Kota ini, sejauh yg bisa aku jangkau, rapih & bersih banget. Bukan cuma di jalan raya aja, tapi sampe ke perumahan2 penduduknya *skali lg, ini sejauh yg bisa saya jangkau ya sodara2*

Yg pertama kali dilakukan adalah nyekar ke makam eyang & para leluhur. Gak makan waktu lama secara semua makam di kumpulin disatu tempat. Yg makan waktu lama adalah the trip to get there. Kota ini *menurut saya* seperti tanpa batas.

Kalo di Sumsel bakalan gampang bgt menentukan batas suatu daerah. Misal, kl kita berangkat dari Palembang menuju Lampung, aku bakalan gampang banget bisa tau batas kota Palembang, Ogan Ilir, Tanjung Raja, Kayu Agung, dsb, dsb dari gapura yg biasanya bertuliskan Selamat Datang atau Selamat Jalan. Lah di sini, semua pada was wus gitu aja, tau2 kita sudah ada di Karang Anyar, di Boyolali, Kertasura, atau Salatiga. Ini yg bikin aku gak pernah hafal jalan2 dikota ini *lagian ngapain jg repot2 ngapalin jalan, emg mau tinggal disini, jeng?*

Sesungguhnya, selain nyekar ke makam para eyang & leluhur, aku jg pengen banget nyekar ke makam Mas Emir. Tapi apalah daya, karena Astana Bonoloyo itu pemakaman yg gueede bgt, akan sangat susah buat aku untuk menemukan makam Mas Emir. Aku sdh usaha bgt tanya ke Diah, sepupunya Mas Emir, but the result is zero, secara anak ini punya masalah dgn aku. Kenapa ya, memaafkan di hari yg Fitri ini masih berat bgt di lakukan sebagian orang. Mungkin, hanya segelintir org yg bisa memaafkan dgn ketulusan hati. In fact, i had nothing to do with this girl. My business was with her cousin, and I think we done it preety well back then. Kenapa sekarang jadi masalah buat dia? *geleng2 kepala*

Nah, ada yg aku gak suka banget sama kota Solo ini. Lima huruf saja, PANAS. Beneran. Mungkin buat org2 sini ini biasa banget, buat aku ini luar biasa banget. Panasnya bener2 kering. Body lotion sebagus apapun tidak akan bisa menahan panasnya *yg ini lebay hehe* Ini yg bikin aku gak tahan tinggal lama2 disini.

Trus ada lagi nih, mgkn karena letak geografis yg agak sedikit berada di timur wilayah Kepulauan Indonesia, kamu bakalan sedikit kaget menerima kenyataan kalau matahari sdh bersinar terang banget, padahal jarum jam baru ada di angka 5 pagi hari. Kalo di Palembang, jam 5 pagi aku masih asik menikmati sisa mimpi di balik selimut hangat. Tapi kalau keadaan berbalik menjadi sore hari, kamu bakal mendapati kegelapan mulai turun menyelimuti bumi. Dulu aku kagok bgt, tp sekarang, ah biasa aja.

Tradisi Lebaran disini juga gak sama dengan di Palembang. Kalo di Palembang H-1 Lebaran, yg namanya pasar pagi di seluruh wilayah pasti ruame buanget, karena biasanya para ibu & remaja putri bakalan sibuk bikin masakan Lebaran macam ketupat, opor ayam, aneka bolu, dodol, pempek, dsb, dsb. Kalo disini tuh biasa aja. Masaknya seadanya. Kue2 diatas meja pun seadanya bgt. Dan yg selalu bikin aku kagum, mereka gak hanya memberikan salam lebaran kepada mereka yg merayakan saja, tapi jg kepada mereka yg beragama non muslim. Misal, ada seorang guru yg bukan muslim, tapi murid2nya pada dateng kerumahnya memberikan salam lebaran.

Cara mereka memberikan salam lebaran pun bikin aku salut banget. Bukan hanya sekedar salaman atau jabat tangan doang, tapi mereka akan berbaris dan satu2 akan duduk bersimpuh di dpn org yg lebih tua, dan salam lebaran diucapkan dgn sepenuh jiwa. Setelah itu biasanya yg lbh tua bakalan manggut2 & mencium pipi serta kening. Memberi salam lebaran seperti ini bukan hanya kepada org tua, tp jg kepada mereka yg dianggap memiliki andil bagi kehidupan mereka, misalnya guru, dsb. Ini sungguh luar biasa.

Yang lainnya, aku seneng banget disini karena signal GPRS gak pernah putus. Ini satu2nya penghiburan buat aku dikala sore sudah turun. Aku gak bisa lepas dari internet *halah, sok bgt deh* Ya, gimana ya, sebagai tamu aku cukup sadar untuk tidak membawa tabiat buruk aku kesini hehe...

No comments: