Friday, October 03, 2008

Karena aku adalah orang yg paling males nongkrong di depan tv, maka yg aku lakukan kalo di rumah adalah mendengarkan radio. Dan kebiasaan mulia ini aku jg lakukan di kota yg panas ini. Eh, ternyata radio disini keren2 loh. Ya, gak semua, hanya beberapa aja.

Salah 2 nya adalah radio PTPN dan radio Prambors *asli, aku baru tau kalo ada Prambors di Solo* Broadcasternya jg keren2. Nyiarnya gak kayak anak muda Jawa yg kalo ngomong pake bahasa apapun logat Jawanya masih kedengeran kental. Tapi sama kayak anak2 Palembang yg ngomongnya asik *anak Palembang, ya kan... Hehe...* Kalo ngakak ya ngakak aja. Gak masalah bgt sama ke-solo-an mereka. Jadi feel like home banget.

Ada suatu kesempatan, ketika bokap secara tdk sengaja ikut tune in. Prambors kan menyapa pendengarnya dengan kata "kawula muda" dan ada beberapa radio di Palembang juga gitu. Nah, menurut ahli bahasa Jawa, dlm hal ini ayah saya, kata kawula itu berasal dari kata kawulo dlm bahasa jawa *maaf kl slh tulis* yang berarti rakyat jelata atau hamba. Jadi menurut beliau sangat gak pantes menyapa pendengar dengan sapaan seperti itu. "Mending pake kata 'pendengar setia' atau 'listeners' itu lebih baik" katanya, "kayak radio Smart, sapaannya kan Smart Listeners, itu bagus banget, walopun gak semua listener nya smart, tetap aja pake sapaan Smart listeners"

Pelajaran sastra nomor satu, jgn mengikuti kebiasaan menggunakan kata2 yang kita tidak tau pasti maknanya.

Trus ada lagi, pas bokap denger kata "gandrung", kuliah berlanjut. Gandrung itu dalam bahasa Jawa artinya menggilai atau perasaan suka yg berlebihan. Jd kalo ada penyiar yang bilang "... lagi gandrung banget sama..." mereka sudah melakukan pemborosan kata dalam berbahasa. Kalo sudah pake "gandrung" ya jangan pake "banget".

Pelajaran sastra nomor dua, gunakanlah tata bahasa yang efisien.

Trus ada iklan salah satu hotel bintang empat di Solo, namanya The Sunan Hotel. Ini yg bikin aku agak lucu. Yg bikin iklan bilang gini, "... anda akan merasakan pelayanan yg luar biasa karena The Sunan Hotel menawarkan keramahtamahan & hospitality yg luar biasa demi kenyamanan anda..." Keramahtamahan dan hospitality bukannya punya makna yg sama yak? Cuma bedanya satu pake Bahasa, yg satunya pake English *tlg koreksi kalo aku salah*

Pelajaran sastra nomor tiga, tentukan bahasa apa yang akan anda pakai untuk mewujudkan konsep di kepala anda menjadi simbol yg akan anda pakai. Baik simbol tulis atau simbol suara.