Monday, November 05, 2007

MotoGP 2007: Mimpi Buruk Itu pun Jadi Kenyataaan.

Usai sudah perhelatan MotoGP 2007. seri terakhir musim ini sudah diselenggarakan kemaren malam waktu Indonesia. Ada yang seneng, tapi ada juga yang bersedih.



Kegembiraan adalah jelas milik sang juara dunia baru, Casey Stoner. Walaupun hanya finis di posisi kedua di seri terakhir ini, toh hasil itu tidak mempengaruhi posisi jawara yang sudah dipapastikan adalah mikiknya sejak GP Motegi Jepang lalu.


Tapi yang paling bergembira kemarin pastinya adalah pembalap tuan rumah, Dani Pedrosa. Di GP Valencia kemaren, Pedrosa meraup dua viktori sekaligus. Sebagai juara seri sekaligus memastikan diri sebagai runner up yang artinya berhasil mempecundangi *I hate to use this word, actually* mantan juara MotoGP lima kali berturut-turut, Valentino Rossi. Dengan finis di posisi pertama, Pedrosa berhasil mengumpulkan 1 poin lebih banyak dari Rossi. Dan menurut pendapat gw nih, ini adalah persaingan super ketat perebutan posisi runner up di sepanjang musim ini.


Dan yang paling bersedih kemarin, tentunya Mas Vale. Setelah mengalami cidera berat di tangan kanannya akibat kecelakaan yang dialaminya pada sesi kualifikasi satu hari sebelumnya, The Doctor yang memaksakan diri untuk berlomba harus menerima kenyataan bahwa mesin Yamaha M-1 nya tidak lagi bisa diajak berpacu di arena balap. Padahal di 10 lap tersisa, Rossi sudah bisa memperbaiki posisi ke urutan ke-14 dari posisi start ke-17. Lebih baik satu posisi dari target tim, dimana Rossi hanya perlu finis di posisi ke-15 untuk mempertahankan gelar runner up.

Namun kenyataan berkata lain, Rossi pun harus menggiring kuda besi bernomor 46 itu kedalam paddock. Mungkin buat Rossi, it was like an awful dream which become a reality. Masalah mesin dan juga kinerja Michelin sering disebut2 menjadi alasan mengapa The Doctor tidak bisa tampil maksimal dan harus kehilangan banyak kesempatan mengumpulkan poin.

Mungkin satu2nya penghibur lara sang Doctor adalah kabar bahwa dirinya dipastikan memakai ban Bridgstone untuk musim depan. Divide Brivio dari tim Yamaha, memastikan hal itu dan menyatakan bahwa Rossi bakalan menjalani uji coba di Jerez, Spanyol, akhir bulan ini.

Anyhow, apa kabar ya Nickey Hayden?
MotoGP 2007 ini juga bukan musim yang baik buat pemegang gelar juara dunia tahun lalu ini. Malah, The Kentucky Kid mengalami nasib jauh lebih buruk dari Valentino Rossi. Musim ini Hayden harus puas berada di posisi 8 klasemen.

Dan keknya Hayden juga siap2 pake nomor motor yang lama nih, secara sebagai juara dunia baru, nomor 1 udah jelas punya Casey Stoner.

Gimana MotoGP 2008?
Nah, kalo boleh berprediksi nih, kayaknya GP 2008 bakalan seru banget, secara para pembalap 250 cc udah banyak yang mau naik kelas. Diantaranya Jorge Lorenzo yang udah resmi bakal gabung bareng The Doctor. Belum lagi nama2 macam Andrea Dovisioso dan Alex de Angelis.

Kita tungguin aja ya, gimana serunya MotoGP tahun depan.

1 comment:

Anonymous said...

tenang aja, jeng, tahun depan rossi pake bridgstone. pokoknya yang lain pasti ketinggalan.

Ical.